Scorpion Kick Ala Rene Higuita

Posted on

Jose Rene Higuita Zapata atau yang lebih dikenal dengan nama Rene Higuita lahir di kota kecil Medellin, Kolombia. Rene Higuita merupakan bekas penjaga gawang tim nasional Kolombia yang sangat terkenal dengan gaya permainan sweeper-nya, Higuita sering meninggalkan gawangnya untuk membantu lini serangan ke daerah lawannya. Jika Anda masih mengalami kesulitan juga dalam mengingat sosok ini, maka tentu Anda tidak akan pernah lupa dengan Scorpion Kick atau tendangan kalajengking yang menjadi ciri khas Higuita . Ya, dalam sebuah laga persahabatan timnas Kolombia yang berhadapan dengan Inggris pada tahun 1995, Higuita secara sengaja memamerkan gaya gerakan akrobatik yang bisa dipastikan akan selalu diingat oleh seluruh pecinta sepakbola sepanjang sejarah.

Rene Higuita

Bagaimana tidak, bermula bakal menangkap bola, menepis, ataupun mengeblok bola dengan menggunakan tangan, Higuita justru memilih memblok bola dengan cara yang tidak biasa. Higuita melepaskan bola tendangan Jamie Redknapp meluncur melewati atas kepalanya. Dan kemudian , Higuita melakukan lompatan sambil menekuk kedua kakinya ke arah belakang. Dan hasilnya pun , bola mengenai kakinya sehingga terpental menjauhi arah gawang. Sejak Higuita melakukan aksi tersebut, Higuita menjadi bahan pembicarran dikalangan pecinta sepakbola di dunia. Namun, kebiasaan Higuita yang sering keluar dari area pertahanannya sendiri, justru membuahkan petaka bagi dirinya sendiri. Pada perhelatan Piala Dunia tahun 1990, Kolombia berhasil maju ke babak Perdelapan Final untuk kemudian berhadapan dengan lawannya dari benua afrika, Kamerun. Ketika itu, Higuita lagi-lagi nekat maju untuk ke bagian depan. Dan Malapetaka pun datang lketika bola yang Higuita bawa ternyata berhasil direbut oleh striker Kamerun, Roger Milla. Dan tanpa kesulitan yang berarti, Roger Milla dengan tenangnya menceploskan bola ke gawang Higuita yang sama sekali tak terkawal. Dan kekalahan tersebut sekaligus memupuskan Impian timnas Kolombia untuk maju ke babak perempat final, demikian lansiran berita dari situs agen bola ini yang bisa anda baca pula di blognya dengan url https://agenbola.io/dunia-bola/

Terlepas dengan semua kejadian itu, Higuita dahulu pernah dinobatkan menjadi penjaga gawang yang memiliki torehan mencetak gol paling banyak keempat di seluruh dunia dengan torehan sebanyak 41 gol. Nama Higuita pun tercatat di dalam rangking peringkat ke delapan sebagai kiper terbaik sepanjang sejarah sepakbola oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) di benua Amerika Selatan oleh. Kehidupan Higuita di luar lapangan hijau pun diwarnai dengan kontroversi. Higuita juga pernah dijebloskan ke dalam penjara lantaran dirinya terlibat dalam kasus penculikan yang menyebabkan terseretnya 2 nama mafia obat bius terbesar di Kolombia yaitu Pablo Escobar dan Carlos Molina. Akibatnya kasus dalam hukum tersebut, Higuita kini tak dapat lagi berlaga membela timnas Kolombia di gelaran Piala Dunia 1994. Pria yang juga berteman sangat akrab dengan legenda sepakbola asal Argentina, Diego Maradona tersebut, sebelumnya juga pernah memelakoni beberapa kali operasi plastik pada tahun 2005. Keputusannya tersebut tentunya menjadi bahan pembicaraan di kalangan para penggemarnya. Banyak yang mendukung, namun tak sedikit juga yang menghujat. Higuita akhirnya gantung sepatu di usianya yang ke-43 tahun, tepatnya di bulan Januari tahun 2010.

One thought on “Scorpion Kick Ala Rene Higuita

Leave a Reply

Your email address will not be published.